Kopi sering dijadikan kambing hitam penyebab asam lambung naik. Kadar asam yang tinggi pada kopi dicurigai menjadi pemicunya. Padahal tidak sepenuhnya benar, menurut seorang ahli nutrisi fakta tingkat keasaman kopi paling tinggi 4,7 ph setara dengan pisang, sedangkan kopi hitam paling tinggi berkadar asam 5 ph. Secara medis, gangguan asam lambung terjadi bukan disebabkan acidity dalam kopi. Melainkan respon asam lambung akibat masuknya kopi.

Bagi penderita gangguan asam lambung sebaiknya mengkonsumsi kopi yang mengandung N-methylpyridinium (NMP) yang berguna menahan pelepasan asam lambung yang menyebabkan iritasi lambung. Di samping, memilih kopi dengan kafein dan klorogenik yang rendah juga menjadi syarat bagi yang bermasalah dengan gangguan asam lambung. Sayangnya syarat tersebut tidak dipenuhi semua kopi kemasan pada umumnya. Kecuali CY Sumiyaki Roasted Charcoal White Coffee yang mengandung kafein dan acidity yang rendah.

Untuk mendapatkan kopi yang rendah kafein dan klorogenik, kuncinya pada waktu pemanggangan. Terdiri dari beberapa tingkat roasting, dark roast telah diteliti dapat menurunkan kafein dan keasaman dalam kopi. CY Sumiyaki White Coffee yang mengerti kebutuhan bagi yang bermasalah dengan asam lambung, memproses setiap biji kopinya hingga dark roast yang ditandai dari warna biji kopi yang cokelat tua bahkan cenderung hitam disertai minyak pada permukaannya. Selain kadar asam, proses dark roast mempengaruhi kafein yang menurun drastis. Kelebihan lain pemanggangan dark roast terletak pada aroma kopi yang lebih keluar dan sangat harum.

Sehingga ketika menyeduh CY Sumiyaki Roasted Charcoal White Coffee aroma harum dari kopi cukup lembut tercium. Tambahan krimer selain meringankan rasa kopi juga berperan menyamarkan rasa pahit kopi yang dicurigai menjadi indikator kopi berkafein tinggi. Perpaduan kopi dan krimer yang seimbang, CY Sumiyaki Roasted Charcoal White Coffee sangat nikmat dan lebih ramah di lambung. Siapapun bisa mengonsumsi tanpa cemas asam lambung naik.

Foto: Dok. Berbagai Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X